Pembalap Muda Astra Honda Raih Poin Pertama di MXGP Lombok

LOMBOK (liputanlombok.com) – Crosser binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Delvintor Alfarizi berhasil meraih poin pertamanya musim ini dalam kejuaraan dunia FIM Motocross World Championship (MXGP) kelas MX2 di Sirkuit Selaparang, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu, 30 Juni 2024. Delvintor tampil maksimal dalam persaingan dengan pebalap internasional lainnya. Sebagai pebalap reguler dari JM Racing Astra Honda, Delvintor, yang akrab disapa Adel, terus berupaya meningkatkan performa balapnya sejak sesi free practice, time practice, dan qualifying race pada Sabtu, 29 Juni 2024. Adel memulai balapan dari posisi ke-18 dan bersama timnya merancang strategi untuk race day. Cuaca panas dan sedikit berangin di Selaparang menjadi tantangan tersendiri bagi para crosser. Pada race pertama, Adel langsung melaju untuk masuk ke persaingan grup tengah. Dia sempat kehilangan waktu cukup banyak pada lap ke-9 saat masuk pit untuk memperbaiki rem belakang. Setelahnya, crosser asal Jakarta ini berusaha mengejar ketertinggalan dan mengerahkan kemampuan terbaiknya. Perjuangan Adel dalam 30 menit +2 lap berakhir dengan finis di posisi ke-19 dan mengumpulkan 2 poin.

Pada race kedua, Adel tampil jauh lebih baik. Meskipun lintasan semakin becek akibat penyiraman ekstra, dia mampu melaju cepat pada lap pertama dan menyusul beberapa crosser. Dia pun mengakhiri race kedua di posisi 15 dan mengumpulkan 6 poin tambahan.

“Pada race pertama, dalam 10-12 menit, rem belakang mulai terasa dalam dan hampir hilang cengkeramannya. Setelah diperbaiki, saya coba bertahan dan melaju sampai finis. Di race kedua, setelah mendapatkan posisi bagus, saya berjuang sampai akhir. Hasilnya cukup memuaskan, semoga di race berikutnya bisa lebih baik lagi,” ujar Adel. Sementara itu, Arsenio Algifari, yang turun sebagai wildcard bersama Astra Honda Racing Team, juga tampil cukup baik. Catatan waktunya konsisten dari lap ke lap dan mampu finis satu peringkat di bawah Adel pada race pertama. Pada race kedua, Arsenio mampu finis ke-18.

“Pada race pertama, saya mengawalinya sesuai rencana untuk menjaga kecepatan secara konstan. Sayangnya, di lap ketiga, saya kehilangan kendali dan jatuh. Namun, saya tampil lebih baik pada race kedua dan mendapat hasil yang cukup baik. Pengalaman di MXGP Lombok ini sangat berharga bagi saya,” kata Arsenio. MXGP seri Indonesia masih menyisakan putaran kedua di Lombok yang akan diselenggarakan di sirkuit Selaparang, Mataram, Lombok, pada 6-7 Juli 2024. Komunitas Honda juga akan turut memeriahkan gelaran MXGP tersebut.